Minggu, 23 Agustus 2015

Analisis Cerpen Juru Masak

Analisi



             1)      Masalah apa yang dihadapi oleh Azrial ?


·         Seorang wanita yang dulunya ia cinta akan dipersunting oleh pria lain yang tentunya lebih kaya dari azrial. Wanita itu bernama Renggogeni anak dari orang terkay diLereh Panjang duluna azrial akan menikahinya namun ayah dari renggogeni tidak sudi mempunyai menantu yang ayahnya seorang juru masak.
             2)      Bagaiman azrial mengatasi masalahnya ?
 ·         Azrial hengkang dari kampung dan bekerja hanya sebagai tukang cuci piring direstoran Jakarta ,sedikit demi sedikit azrial mengumpulkan modal agar tidak selalu bergantung pada induk semang. Dengan kegigihan dan kerja kerasnya selam bertahun-tahun ,akhirnya azrial sudah menjadi orang sukses diJakarta dan sudah memiliki 6 rumah makan dan 24 anak buah.
            3)      Apakah makaji sang juru masak menemui masalah?
 ·         Ya, karena makaji tidak dapat memasak lagi didesanya ,dan tidak dapat memasak untuk acara dirumah kenduri. Dan masakan yang dihidangkan oleh keluarga tersebut terasa hambar tidak seperti masakan makaji dan para undangan kecewa dengan hidangannya.
             4)      Keputusan apa yang akhirnya diambil oleh azrial ?
 ·         Mengajak ayahnya untuk hidup diJakarta, jika makaji masih ingin jadi juru masak dan akan menjadikan juru masak disalah satu rumah makan milik azrial. Alasan tersebut karena azrial tidak ingin jauh dari ayahnya.
           5)      Menurut anda apakah keputusan yang diambil oleh makaji sudah tepat ?
 ·         Ya ,keputusan yang diambil sudah tepat ,karena makaji memilih hidup diJakarta dengan azrial dan menghabiskan hari tuanya dengan anaknya. Namun disisilain makaji harus meninggalkan desa Lereh Panjang daan sudah tidak lagi menjadi juru masak di desa itu lagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar